Syarat Peserta Raimuna 2017 Diprotes, Ini Komentar Ka. Pusdiklatnas

Sumber Artikel : http://pramuka.or.id/ 

PRAMUKA.OR.ID, JAKARTA -Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah menentukan kebijakan bahwa syarat peserta Raimuna Nasional Gerakan Pramuka 2017 adalah anggota Pramuka yang sudah mencapai tingkat Garuda.
Terkait kebijakan ini, muncul ketidaksetujuan dari beberapa Pembina di media sosial. Syarat ini Dianggap terlalu berat mengingat waktu yang juga mepet.
Mengenai hal itu, Kak Prof. Suyatno, M.Pd, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Nasional menyatakan dukungannya dengan syarat Peserta Rainas 2017. Bahkan, menurutnya, pembina semestinya “bertepuk tangan”, karena syarat Rainas adalah Pramuka Garuda.
“Saya apresiasi berbagai perbedaan pendapat soal syarat, saya sangat yakin itu semua demi kebaikan dan suksesnya rainas. Tapi sebenarnya, Garuda itu kewajiban seorang pembina, jadi ada Rainas atau tidak, pembina wajib menggarudakan peserta didiknya,” demikian ungkapnya di sela-sela kegiatan ToT, di TRW, Jakarta, Jumat (27/1).
Menurut Suyatno, tingkatan garuda itu adalah haknya peserta didik. Ketika Gugus Depan tidak ada satupun Pramuka tingkat Garuda, berarti pembina telah melanggar hak anak.
“Gugus depan itu ada dua fungsi, yaitu satuan pendidikan dan satuan organisasi. Kalau tidak ada Pramuka Garuda, berarti pembina itu melanggar hak anak sekaligus tidak menjalankan fungsi gugus depan sebagai satuan pendidikan,” ungkapnya.
Lebih lanjut, menganai kekhawatiran akan banyak Pramuka Garuda karbitan di Rainas, kak Suyatno menyarankan untuk tidak “suudzon” alias berburuk sangka. “Kita harus percaya, ‘be positif’. Jika memang dapat informasi ada, kita berikan saran. Bukan dimusuhi,” ungkapnya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KRITIK, SARAN DAN KOMENTAR KAKAK SANGAT KAMI PERLUKAN.....

JOGSA SCOUT COMPT

JOGSA SCOUT COMPT

JAYA SAKTI :

INSYA ALLOH DARI SINI AKAN LAHIR PARA PEMIMPIN MASA DEPAN - Passus Jogsa

Pengikut