Kenangan Raimuna Nasional di Prambanan

Salam Pramuka..  tanggal 14 Agustus kita semua mungkin sudah tahu, merupakan Hari Pramuka. Mengingatkan pada satu kenangan masa lalu, flash back sebentar dimana pada tahun 8 tahun yang lalu saya ikut dalam salah satu even nasional yaitu Raimuna Nasional 2003 di Prambanan, Yogyakarta. Saat itu jiwa muda sedang semangat-semangatnya nyari pengalaman blayangan kemana-mana termasuk kemping :mrgreen: .  Pada Rainas 2003 ini saya ikut sebagai panitia di Bagian Administrasi yang pada hari H nya diterjunkan di Kelurahan Hasanudin.
Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka, seperti Raimuna Ranting, Raimuna Cabang, Raimuna Daerah, Raimuna Nasional. Kata Raimuna berasal dari bahasa suku Asli di wilayah Yapen Waropen-papua, yang berasal dari kata Rai dan Muna yang artinya pertemuan ketua suku dalam suatu forum yang menghasilkan suatu tujuan suci untuk kepentingan bersama  (wikipedia).

Raimuna Nasional VIII yang diadakan pada tahun 2003 merupakan Raimuna Nasional pertama yang diadakan diluar “kebiasaan” , Raimuna Nasional VIII diadakan di Taman Candi Prambanan-Yogyakarta. Sayang saat itu belum banyak gadget seperti saat ini, belum ada HP berkamera, masih menggunakan kamera dengan film negatif atau biasa disebut klise.  Mungkin karena keterbatasan alat komunikasi (saat itu Hp masih merupakan barang yang sangat mewah) sehingga seiring berjalannya waktu saya satu persatu putus kontak dengan rekan-rekan. Yang masih satu daerah di Jogja saja sudah tidak saling berhubungan, apalagi yang dari Bali, Kalimantan, Lampung dll :D .  Banyak sekali suka dukanya, dukanya mulai dari kekurangan air karena saluran PAM tidak mengalir, Memergoki teman yang terserang virus Cin-Lok :mrgreen: , harus bangun pagi-pagi karena memimpin apel pagi dan masih buanyak lagi ceritanya. Sayang saat itu tidak terdokumentasikan dengan baik, bahkan 2 rol film saya pun yang berisi berbagai kegiatan dan foto rekan-rekan hilang ntah kemana :( .
Melalui artikel ini bila ada rekan yang ikut dalam Raimuna 2003 baik sebagai peserta maupun panitia, salam jumpa lagi dengan saya, mungkin sudah lupa dengan wajah saya karena 8 tahun bukan waktu yang singkat.  Ditambah lagi setelah acara tersebut saya langsung vakum dari dunia kepramukaan tidak pernah nongol di DKC maupun DKD :mrgreen: .
Nama : Muh Nurhidayat dari DKC Kulon PRogo, email : muhamad.nurhidayat@gmail.com
Demikian sedikit cerita saya, sebenarnya sangat banyak pengalaman saat Raimuna 2003 tersebut tetapi belum bisa saya ketik disini :)
Tepuk Pramuka Prok..Prok..prok..prok.. Prok..Prok..prok..prok.. prok.prok.prok.prok.prok.prok.prok :mrgreen:
Wassalam
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KRITIK, SARAN DAN KOMENTAR KAKAK SANGAT KAMI PERLUKAN.....

JOGSA SCOUT COMPT

JOGSA SCOUT COMPT

JAYA SAKTI :

INSYA ALLOH DARI SINI AKAN LAHIR PARA PEMIMPIN MASA DEPAN - Passus Jogsa

Pengikut