3 Program Prioritas Prof. Suyatno, M.Pd sebagai Ka Pusdiklatnas Gerakan Pramuka

Sumber : http://pramuka.or.id/2017/


Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Nasional Gerakan Pramuka (Kapusdiklatnas), Prof. Suyatno, MPd (Foto: Kak Sis/Humas Kwarnas)
PRAMUKA.OR.ID, JAKARTA – Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Nasional Gerakan Pramuka (Kapusdiklatnas), Prof. Suyatno, MPd, mengatakan, dirinya telah membuat tiga program prioritas pada awal masa jabatannya.
Program pertama adalah menjadikan para pelatih, pembina, anggota dewasa yang ramah dengan dunia digital. Kedua, mendorong mereka untuk berkarya, untuk membuat artefak-artefak. Misalnya karya berupa buku, permainan, dan lagu.

“Yang pertama sesuai yang selalu digaungkan kak Adhyaksa Dault, yaitu rebranding melalui media sosial, pelatih-pembina tidak boleh alergi dengan digital. Kedua, menjadikan sumber daya manusia yang selalu berkarya,” demikian ungkapnya saat diwawancarai disela kegiatan ToT, TRW, Jakarta, Jum’at (27/1)

Program ketiga adalah membentuk sosok pembina teladan. Menurut dia, hal ini bisa diterapkan dengan menunjukkan kepribadian yang asli sebagai bentuk representasi dari budaya bangsa. Pelatih-pembina yang profesional dan menerapkan sistem among Pramuka.
Lebih lanjut, Guru Besar Sastra Anak yang gemar blusukan ke gugus depan pelosok ini mengatakan, untuk mewujudkan itu, langkah awalnya adalah merelevansikan 3 sumber belajar. Yaitu sumber belajar dari alam, dari manusia dan dari buku.
“Saya akan jadikan pusdiklatnas sumber belajar yang nyaman. Terkait sumber belajar dari alam, kami telah mengubah beberapa gudang kayu jadi pendopo belajar. Sumber manusia, kita akan bentuk pelatih unggul yang tajam analisisnya melalui berbagai pelatihan. Sumber buku, tidak lepas kemungkinan kita akan membuat perpustakaan berisi buku-buku kepramukaan yang lengkap,” bebernya. (HA/Humas Kwarnas)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KRITIK, SARAN DAN KOMENTAR KAKAK SANGAT KAMI PERLUKAN.....

JOGSA SCOUT COMPT

JOGSA SCOUT COMPT

JAYA SAKTI :

INSYA ALLOH DARI SINI AKAN LAHIR PARA PEMIMPIN MASA DEPAN - Passus Jogsa

Pengikut